Sunday, November 13, 2005

Bebas...!

Ya…”Bebas”…! Kata yang jika kudengar berkesan indah dan melegakan. Tapi itu dulu... sebelum masuk ke zaman yang serba ”canggih” ini. Gw g taw, apa kata bebas mengalami perluasan makna atau ”Bebas” yang selama ini gw tau memang ditutupi sebagian maknanya. Mungkin, untuk beberapa tujuan yang dianggap baik?
Dalam otak gw dulu, ”Bebas” artinya tidak ditindas oleh para penjajah asing, maupun penjajah dari negeri sendiri. Merdeka. Kemudian gw beranjak dewasa...gw banyak mengalami hal-hal yang ngga mudah untuk gw jalani. Bebas dalam pikiran gw saat itu
( dan juga sekarang ) adalah bebas dari hal-hal menyakitkan, hal-hal yang membuat gw ”gerah”, dan segala hal lain yang dapat menghalangi jiwa gw untuk bisa ”bernapas lega”. Biasa lah... I’m a teenager. Tapi sekarang ngga gitu juga khan?
Kata ”Bebas” rasanya memang semakin meluas ( atau semakin jelas ) maknanya, apalagi untuk para metropolis di J-Town dan beberapa kota lain. Sekarang gw udah bisa ngeliat beberapa acara di TV yang menghadirkan tentang berbagai fenomena yang ada di J-Town. Komentar gw? ”Woo...gile, orang zaman sekarang kenapa sih?” Sekarang yang gw tau, makna kata ”Bebas” adalah mempunyai hak untuk melakukan apapun yang kita mau. Termasuk dalam hal berbisnis. Sejak dulu gw udah taw yang namanya bisnis pakaian,makanan,dsb. Dimana-mana udah bisa kita lihat. Tapi ternyata bisnis semakin banyak macamnya,ya? Rasanya bisnis ”jual beli harga diri” juga sudah ”merakyat”. Istilah yang timbul dari bisnis ini juga berbagai macam. Salah satu yang pernah gw denger adalah ”kupu-kupu kecil”. Dalam pikiran gw saat itu...”Yeah...Right...Get a Life!” Makin shock lagi waktu denger pelakunya adalah gadis-gadis SMA, yang umurnya cuma seumuran gw. Pokoknya bebas…! Tapi rasanya kok ( maaf ) pathetic banget ya? Tapi kalo ditanya, dalih mematikan yaitu kebebasan udah siap menghadang. Ada juga alasan lain misalnya ”ini emang kebutuhan gw...”, katanya sich demi kepuasan. Ada juga yang bilang ”karena gw butuh duit...” bagi yang pengen dikasihani...Aneh.
Begitu rasanya makna ”Bebas” di zaman sekarang. ”Bebas melakukan apapun yang gw mau. PS : Termasuk diantaranya bebas mencari duit dengan cara manapun, bebas berhubungan dengan siapapun ( jenis kelamin juga belum tentu penting.), pasang tarif berapapun ( kata yang pasang tarif : ”toh kalo ga kuat akhirnya maw juga tarif segitu...” ), dan bisnis apapun.” Iuwh... Kadang bingung juga, program-program tadi bukannya bisa membantu aparat untuk ”membasmi yang ga perlu” ? Khan udah jelas mereka punya informasi... Banyak. Tapi ga taw dech, namanya juga bisnis? Jadi mending gw tidak ”menyentuh” terlalu dalam. Gw ga ingin sok tahu dan ga ingin melihat banyak dari dunia yang bukan milik gw. Zaman sekarang emang udah beda.(Bukan berarti zaman dulu lebih baik..) Mau disalahin atau ngga juga harus dipikir dulu. Mungkin lebih baik masing-masing dulu saja jalannya, dan saling menghormati.

PS : For All...No Offense. It’s just a thought. Peace. =) +Me+

0 Comments:

Post a Comment

<< Home